Selasa, 12 September 2017

Perbedaan Proposal Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif

Proposal penelitian adalah suatu rancangan penelitian oleh seseorang (mahasiswa) yang disusun untuk dilanjutkan membuat karya ilmiah berupa skripsi, tesis masupun disertasi.

Penelitian sangat diperlukan ketika para ahli, mahasiswa, siswa,  dalam mencari kebenaran melalui analisis suatu fenomena.
Sumber foto: https://www.satujam.com/penelitian-kualitatif-dan-kuantitatif/

Pada dasarnya, kedua metode penelitian tersebut sama tujuannya yaitu digunakan untuk mengumpulkan data.
Lalu jika mempunyai tujuan akhir yang sama, dimanakah perbedaan keduanya? Agar lebih jelas mengenai perbedaanya, mari kita simak ulasan selanjutnya.


Dari segi data yang didapatkan, kedua hal ini (kualitatif dan kuantitatif) memiliki perbedaan pada hasil data yang didapatkan. Pada metode kualitatif, hasil atau data yang didapat berupa penjelasan, kata-kata, paragraf, catatan hasil observasi, wawancara, angket dan lain lain. Sedangkan, jika melakukan penelitian menggunakan metode kuantitatif, hasil atau data yang didapat berupa angka, perhitungan, koding, tabel, bagan, dan lain lain. 
Kedua metode ini pasti bertujuan untuk mendapatkan data yang valid dan pasti.

Selain dari segi data, dari segi tujuan penelitiannya, kedua metode ini juga memiliki perbedaan. Pada metode kualitatif suatu penelitian dilakukan untuk mengembangkan konsep yang sudah ada sebelumnya dan juga untuk membuat orang lebih mengerti mengenai sebuah teori dan mengembangkan konsep teori yang sudah ada. Metode ini dimulai dari suatu kerangka teori, gagasan para ahli yang lalu dikembangkan menjadi permasalahan-permasalahan beserta cara pemecahannya.
Sedangkan, jika pada metode kuantitatif memiliki tujuan untuk menguji sebuah teori, menghasilkan pemetaan untuk memberikan gambaran berupa angka, dan juga untuk membangun atau meyakinkan sebuah fakta 

Selain kedua hal itu, kedua metode ini juga menghasilkan kesimpulan yang berbeda. Masing-masing mempunyai keunggulan dan kelemahan.
Pada metode kualitatif banyak memakan waktu, prosedurnya tidak baku, design nya tidak terstruktur dan tidak dapat digunakan untuk penelitian berskala besar,dan interpretasi data oleh peneliti melalui pengecekan dengan subjek penelitian
Sedangkan pada metode kuantitatif sepenuhnya dilakukan oleh peneliti didasarkan pada hasil perhitungan atau analisis statistik.


Tidak ada komentar:

Kata Kunci

1. Apa yang dimaksud dengan teks prosedur?   Teks Prosedur merupakan teks yang berisi tentang langkah-langkah atau tahap-tahap untuk mela...