Minggu, 27 Agustus 2017

Perbedaan Musik Jazz dan Pop

Halo sobat pencinta musik! Sesuai dengan apa yang tertera di judul, gw kali ini akan membahas sedikit tentang 2 jenis genre musik yaitu jazz dan pop. Kalian pasti sudah sangat familiar kan dengan musik pop, dan mungkin ada diantara kalian juga yang belum begitu kenal dengan musik jazz. Kalo kalian penasaran, kita langsung aja yuk ke pembahasannya!

Musik Jazz
Sumber foto: http://blog.umy.ac.id/jharijoe/2015/10/21/eksistensi-musik-jazz-di-indonesia/

Musik jazz adalah suatu aliran musik yang berasal dari Amerika Serikat. Musik jazz ini berasal dari musik tradisional Eropa dan musik tradisional Afrika. Jazz sendiri mempunyai elemen-elemen penting yaitu : blue notes, polyrhythms, improvisasi, sinkopasi, dan shuffle note.
Instrumen-instrumen utama yang pada umumnya digunakan dalam musik jazz adalah piano, gitar, bass, drum, saxophone. trompet, dan trombone.

Ciri-ciri musik jazz :
1. Bluetonality.
adalah sejenis irama yang mirip dengan irama musik Blues. Hal ini terjadi karna awal musik jazz berasal dari musik blues
2. Sycopation (singkup)
dasar dari singkup ini adalah up tempo. Singkup ini lebih banyak digunakan pada aransemen lagu-lagu modern
3. Swinging
adalah irama musik nya terasa seperti mengayun
4. Improvisation
musik jazz  ini identik sekali dengan imorovisasi. Dan musik jenis ini memang membutuhkan improvisasi yang lebih dibanding jenis musik lainnya. Improvisasi dalam musik jazz lebih kepada solo instrument, dan not-not yang keluar bukan suatu hafalan namun dihasilkan langsung atau spontan di stage. 
5. Komposisi musik jazz pada umumnya juga tidak menggunakan chord biasa seperti mayor atau minor ataupun dominan 7thyang polos. Melainkan menggunakan chord yang lebih rumit, misalnya akord 9th, 13th,dan lainnya

DiIndonesia sendiri, musik jazz muncul dan mulai berkembang sekitar tahun 1920. Namun seiring perjalanan waktu popularitas musik jazz ini menurun karna munculnya jenis musik lain di Indonesia seperti pop dan rock. Namun jazz kini sudah mulai bangkit seiring kemunculan beberapa musisi jazz di tanah air ini,seperti : Indra Lesmana, Idang Rasjidi, Benny Likumahuwa, Syaharani, Joey Alexander , dll.
Dan beberapa musisi luar seperti : Miles Davis, Louis Armstrong, Chris Botti, John Coltrane, dll

Musik Pop
Sumber foto: http://mp3search2015.blogspot.co.id/

Musik pop sendiri berarti popular (pop). Musik jenis ini adalah jenis musik yang banyak digemari, disenangi oleh masyarakat dalam kurun waktu tertentu (mudah hilang dan berganti dengan lagu-lagu lain yang baru. Lirik lagu dan chord-chord dan aransemen biasanya dibuat sederhana, mudah diingat, dan bersifat untuk menghibur. Musik pop ini juga lebih berorientasi pada komersil.

Ciri-ciri musik pop :
1. Melodi nya mudah diterima masyarakat
2. Fleksibel (mudah dipadukan dengan jenis lain0
3. Tempo bervariasi
4. Lirik lagu mudah disenandungkan dan mudah diingat

Jenis-jenis musik pop :
1. Musik Pop Standar
melodi musiknya sederhana. Lirik nya pun mudah dihafalkan. Sangat fleksibel untuk dipadukan dengan style lai. Mudah disenandungkan dan mudah diserap
2. Musik Pop Kreatif
 memiliki keunikan ritme, melodik, harmonik, instrumen dan juga lirik yang digunakan dalam nya
3. Musik Pop Balada
Musiknya bertempo lambat dan sedang. Pembuatan pola melodi dibuat bervariasi berdasarkan lirik lagu yang digunakan (liriknya cenderung ekspresif)

Contoh musik pop di Indonesia : lagu-lagu yang dinyanyikan oleh band Ungu, Dewa, Noah, Nidji, Dmasiv, dll

Contoh musik pop barat :
1. A Thousand Year - Christina Perri
2. Beat It - Michael Jackson
3. Aint My Fault - Zara Larsson
4. Love Yourself - Justin Bieber
5. Break Free - Ariana Grande ft Zedd

Sekian dan terima kasih! :)

Tidak ada komentar:

Kata Kunci

1. Apa yang dimaksud dengan teks prosedur?   Teks Prosedur merupakan teks yang berisi tentang langkah-langkah atau tahap-tahap untuk mela...