Selasa, 30 Januari 2018

Rangkuman Isi Buku "Jadi Pembicara Pro Itu Mudah"

Anda pasti punya alasan mengapa memilih jalur pro. Tentu karena anda tidak ingin disebut amatiran. Amatir memang memberi kesan kurang pengalaman atau bertindak apa adanya. Oleh karena itu anda memilih jalur pro. Jalur ini adalah jalur yang ditakuti oleh begitu banyak orang. Ya, berbicara di depan umum untuk menarik perhatian 'telinga' banyak orang. (Halaman 6)

Inilah beberapa point yang ada pada buku Jadi Pembicara Pro Itu Mudah :
1. Motivasi dan Mengenal Diri
Jika anda masih kurang yakin untuk dapat berbicara di depan publik dan mampu menarik perhatian maka anda perlu motivasi lebih serta berlatih menguatkan percaya diri. (Halaman 18)

Jadilah diri sendiri. Anda boleh belajar dari kesuksesan seseoranh. Namun ingatlah bahwa anda harus menjadi diri anda sendiri.Jika anda sudah menemukan siapa diri anda lalu mulailah memunculkan keunikan diri untuk menarik perhatian banyak orang. (Halaman 28)

2. Aneka Gagasan Dan Konsep
Semua bermula dari gagasan. Tarik gagasan dari magnet pikiran anda dan ingat kembali berbagai ilmu-keterampilan, peristiwa, sesuatu yang sempat anda baca atau anda dengar dan referensi yang anda gunakan. (Halaman 36)

3. Karier Sebagai Pembicara Pro
Banyak jalan menjadi pembicara pro. Banyak pilihan karier yang tersedia untuk menyalurkan kemampuan bicara anda. Seperti : pembawa acara (MC), trainer, guru dan dosen, penyiar radio dan televisi, salesman atau salesgirl, pilitikus, pendakwah.
Dengan modal utama yaitu percaya diri, kaya gagasan, penampilan dan kepribadian menarik, wawasan luas, dll. (Dari halaman 49-58)

4. Magnet Public Speaking
Seorang public speaker harus mampu menjadi magnet yang menarik perhatian audiens. Hal menarik bukan hanya pembawaanya, melainkan juga topiknya, tinggi-rendah suaranya, pengetahuannya, serta kejutan yang dapat diberikannya. (Halaman 59)

5. Copy The Master
Cara terbaik berlatih dan belajar adalah juga meniru pola public speaking yang dilakukan para "the master" yaitu orang yang sukses dengan public speaking. Anda akan banyak belajar bagaimana mereka mempersiapkan pembicaraan, menggunakan teknik tertentu, dan tentunya berbagai trik agar dapat menarik perhatian. (Halaman 79)


Lalu bagaimana anda dapat menjadi seorang pembicara pro? (Halaman 7)
 1. Perlu membuat anda percaya diri dengan suara anda, penampilan, bahasa tubuh, dan gagasan anda.
2. Perlu membuat anda memahami berbagai teknik public speaking untuk mengantisipasi demam panggung.
3. Perlu membuat anda mengenali audiens dengan baik.
4. Perlu membuat anda bijak menggunakan alat bantu visual
5. Perlu memberi tahu anda hal-hal terlarang dalam public speaking.


Tidak ada komentar:

Kata Kunci

1. Apa yang dimaksud dengan teks prosedur?   Teks Prosedur merupakan teks yang berisi tentang langkah-langkah atau tahap-tahap untuk mela...